Perhatikan Hal ini Saat Ingin Merawat Tanaman

Perhatikan Hal ini Saat Ingin Merawat Tanaman

Pandemi yang tak kunjung berakhir membuat hobi tanaman semakin bertambah dan banyak orang yang jadi menyukai tanaman. Pasalnya, bercocok tanam dapat membuat orang mengurangi stres ataupun bosan ketika sedang di rumah saja. Biasanya para pencinta tanaman ini disebut juga dengan “plant parent” atau orang tua tanaman. Dunia pertanaman ini sangat booming bukan hanya di Indonesia namun di seluruh dunia. Dengan banyaknya penduduk negara lain yang suka bercocok tanam juga, akhirnya petani Indonesia pun banyak yang makmur berkat adanya eskpor tanaman ke luar negeri.

Hal Penting Diketahui Saat Ingin Bercocok Tanam

Merawat tanaman rupanya memiliki beberapa strategi maupun tahapan penting. Para plant parent pemula wajib memperhatikan hal penting berikut ini agar tanaman yang dirawat tetap sehat dan juga bisa bertumbuh dengan sangat subur. Simaklah hal penting yang harus diketahui saat ingin bercocok tanam :

  1. Media Tanam
    Seperti namanya, media tanam adalah ibaratkan jantung tanaman karena merupakan tempat bertumbuhnya tanaman ini. Media tanam adalah hal yang paling penting diperhatikan oleh para plant parent. Ada banyak sekali macam media tanam serta racikan yang ada, para plant parent hanya harus mencocokan jenis tanaman dengan media tanam yang paling cocok dengan setiap plant.
  2. Air Penyiraman
    Gunakanlah air penyiraman yang bersih dan sehat. Bahaya sekali jika plant parent menyiram tanaman dengan air yang mengandung karat karena akan membuat tumbuhan menyerap zat beracun tersebut. Pastikan menyiram tanaman dengan air bersih. Air hujan juga merupakan salah satu sebagai media siram yang sangat baik bagi pertumbuhan tanaman. Plant parent bisa menampung air hujan untuk menyiram tanaman.
  3. Waktu Penyiraman
    Biasanya para plant parent awal pasti sangat ingin sekali menyiram tanaman setiap hari. Hal ini sangat salah besar karena media tanam yang terlalu basah bisa membuat bonggol dan akar tanaman menjadi busuk. Pastikan menyiram tanaman sebanyak 2-3 x dalam seminggu. Apabila tanah masih lembab, siramlah di kemudian hari agar tidak overwatering.
  4. Cahaya Matahari
    Pencahayaan matahari adalah hal yang sangat penting bagi tumbuhan. Dengan adanya cahaya mempercepat pertumbuhan tanaman berkat adanya proses fotosintesis. Pastikan tanaman terkena matahari agar lebih sehat. Ada beberapa tanaman yang bisa dijemur dibawah matahari langsung, ada juga yang harus menggunakan paranet agar tidak gosong.
  5. Ukuran Pot
    Ukuran pot merupakan hal penting yang sering diabaikan. Para plant parent haruslah menanam tanaman di pot yang ukurannya disesuaikan dari besar akar maupun daun. Hindari penggunaan pot yang kekecilan ataupun kebesaran.

Dengan cara – cara diatas, semoga para plant parent bisa lebih mengerti tentang bercocok tanam. Tanaman yang sehat adalah karena dirawat dengan kasih sayang dan sepenuh hati.