Manfaat Mengonsumsi Ikan Lele Untuk Kesehatan

Ikan lele – Merupakan salah satu jenis ikan yang sangat populer di Indonesia karena bisa didapatkan dengan harga yang murah juga memiliki tekstur dan rasa yang enak.

Ikan lele juga bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, namun yang paling populer adalah diolah menjadi pecel lele. Ini karena mudahnya menjumpai kedai pecel lele pinggir jalan yang tersebar diseluruh kota di Indonesia.

Selain rasanya yang enak , ternyata lele mengandung gizi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

100 gram ikan lele mengandung : 105 kalori , fosfor , kalium , vitamin B12 , 2,9 gram lemak , 18 gram protein , 337 mg omega-6 dan 237 mg omega-3.Dengan kandungan nutrisi tersebut membuat ikan lele sangat baik untuk dikonsumsi.

Berikut dibawah ini manfaat dari ikan lele untuk tubuh:

1 . Meningkatkan kesehatan pada otak
Ikan lele termasuk kedalam salah satu ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 dibandingkan jenis ikan lainnya. Asam lemak omega-3 berperan penting untuk menjaga kesehatan mata dan otak , selain itu omega-3 juga sangat bagus untuk menyehatkan jantung dan usus.

2 . Memperkuat otot
Ikan lele termasuk salah satu ikan dengan sumber protein yang tinggi. Protein berfungsi untuk pembentuk enzim dan hormon serta dapat memperbaiki jaringan pada otot yang rusak. Lalu , protein yang terdapat pada lele memiliki tekstur yang lembut apalagi kalau sudah diolah menjadi masakan ini akan membuat protein tersebut lebih mudah diserap oleh sistem pencernaan.

3 . Memperkuat gigi dan tulang
Ikan lele juga mengandung fosfor , fosfor berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Seseorang yang kekurangan fosfor dapat berdampak buruk pada tubuh seperti nyeri sendi , nyeri otot , tubuh mudah lelah , terjadinya osteoporosis hingga yang terburuk adalah kelumpuhan. Jadi fosfor harian harus dicukupi untuk menghindari hal buruk tersebut.

4 . Mencegah anemia
Ikan lele kaya akan vitamin B12 , dimana vitamin ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung , menjaga kesehatan mental hingga mencegah terjadinya anemia. Vitamin B12 memiliki peran penting dalam sintesis DNA dan pembentukan sel darah merah sehingga terhindar dari anemia.

Selain ke-empat hal diatas ikan lele juga sangat bagus untuk menyehatkan janin pada ibu hamil.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang membutuhkan!!

Tinggalkan Balasan