Toleransi Menjadi Salah Satu Kebiasaan Masyarakat Indonesia Yang Baik

Toleransi Menjadi Salah Satu Kebiasaan Masyarakat Indonesia Yang Baik

Berbahagialah kita yang menjadi warga Indonesia, yang tinggal di Indonesia. Karena kita menjadi salah satu orang yang memiliki rasa toleransi yang besar. Banyak orang di luar sana mengakui akan sikap toleransi orang Indonesia sangat bagus. Sehingga banyak orang luar ingin menjadi orang Indonesia. Ingin tinggal di Indonesia. Karena di Indonesia, orang bisa hidup berdampingan dengan berbagai perbedaan yang ada. Dan semua hidup dengan damai dan sejahterah. Dan itu adalah salah satu sifat yang sangat diakui oleh orang-orang.

Toleransi Menjadi Salah Satu Kebiasaan Masyarakat Indonesia Yang Baik

Memang perbedaan menjadi hal yang biasa di Indonesia. Mulai dari lahir saja kita sudah tinggal di lingkungan dimana kiri kanan banyak orang yang berbeda dengan kita. Baik secara ras, suku, agama, budaya. Ada yang chinnese, belasteran, peribumi. Ada yang kulit putih, coklat, hitam. Dan semua disambut baik di Indonesia. Sehingga sebagai masyarakat Indonesia sangatlah bangga. Karena kita bisa hidup berdampingan dengan berbagai perbedaan yang ada. Kita bisa hidup damai sejahtera dengan perbedaan yang kental.

Dari bentuk fisik, kebiasaan, tradisi sampai bahasa. Bahkan iman pun berbeda. Tapi kita masih bisa hidup saling bantu sama lain. Saling menyapa satu sama lain, berbuat baik satu sama lain, tanpa menanyakan apa agamamu, darimana asalmu, siapa ayahmu. Karena itulah manusia. Pada dasarnya manusia akan berbuat baik secara natural tanpa harus tahu bebet bobot seseorang. Bahkan di Indonesia, kalian bisa bertemu dengan orang dimana, saat lebaran, umat kristen membantu menjaga ketertiban dan ketenangan sekitar, sehingga ibadahnya bisa berjalan lancar.

Dan saat natal, saat orang kristen beribadah di malam natal, banyak orang muslim berjaga di depan gereja menjaga agar tidak ada terjadi keributan. Dan saat hari nyepi, di bali, semua orang akan diam di dalam rumah. Dan orang yang non hindu akan berjaga agar hari itu tidak terjadi hal yang tidak-tidak. Dan saat imlek, semua orang ikut merayakan, sambil memberikan selamat tahun baru cina. Indah sekali tinggal di Indonesia.