Sirsak, Buah Yang Banyak Manfaatnya

Sirsak, Buah Yang Banyak Manfaatnya

Buah sirsak, buah yang banyak ditemukan pada daerah yang memiliki iklim tropis. Biasanya masyarakat Indonesia sering mengkonsumsi buah ini dengan dimakan langsung atau dengan cara di jus dan menjadi pelengkap pada minuman-minuman dingin. Selain buahnya tersebut, bagian seperti batang, akar dan daun juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai obat tradisional.

Nutrisi Pada Buah Sirsak

Buah sirsak memiliki kandungan nutrisi bagi tubuh kita yang dapat dibilang lengkap. Buah ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh, biasanya orang yang mengkonsumsi ini jarang terkena penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Dalam 1 buah sirsak mengandung sekitar 110-130 kalori. Terdapat juga beberapa kandungan nutrisi lainnya seperti :

  • Vitamin C

    Sirsak mengandung 100 gram vitamin C yang sudah dapat melengkapi 34% dari yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Kalium

    Terdapat 626mg kalium yang terkandung dalam sirsak untuk mengatur tekanan darah ( 8% kebutuhan harian).

  • Karbohidrat

    Sirsak juga mengandung karbohidrat dari gula dan serat yang alami sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  • Antioksidan

    Sirsak terkenal akan banyaknya kandungan antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Fungsi nya untuk menetralkan senyawa radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh.

  • Kalsium

    Buah ini juga memiliki kandungan kalsium yang bagus untuk kekuatan tulang.

Manfaat Buah Sirsak Bagi Tubuh

Buah sirsak mengandung banyak sekali nutrisi dan hal tersebut sangat memiliki peran yang penting bagi tubuh kita. Berikut manfaat buah sirsak bagi tubuh kita :

  1. Melancarkan pencernaan

    Kalau kamu mengalami kesulitan saat sedang ingin buang air, kandungan serat dan air yang terdapat pada sirsak dapat membantu menjaga saluran pencernaan kamu agar tetap aktif.

  2. Meredakan radang

    Penyakit seperti asam urat, tekanan darah tinggi dan arthritis dapat diatasi dengan memakan buah sirsak. Penelitian juga sudah mengatakan dan beberapa rumah sakit juga banyak menggunakan buah yang satu ini sebagai asupan setiap hari bagi para penderita radang yang telah disebutkan tadi.

  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Vitamin C dan antioksidan yang terdapat pada buah sirsak juga memiliki peran yang sangat penting dimana dapat membantu menetralkan senyawa radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh kita. Dapat mengurangi resiko terkenanya diabetes dan hipertensi.

  4. Membasmi infeksi

    Ekstrak buah sirsak memiliki peran yang penting bagi tubuh dimana dapat melawan infeksi yang ada di dalam tubuh. Infeksi ini dapat berupa bakteri, virus ataupun parasit.

  5. Membunuh sel kanker

    Penelitian telah membuktikan bahwa kandungan antioksidan dan beberapa zat kimia lain yang terdapat pada buah sirsak memiliki peran sebagai anti kanker. Ekstrak dari daging buah dan daun sirsak dapat menghambat tumbuhnya berbagai sel kanker seperti kanker darah, usus, hati. prostat, ginjal dan payudara.

Meksipun memiliki banyak manfaat dan kandungan nutrisi yang baik, kita tidak bisa hanya mengandalkan segalanya dari buah sirsak saja. Namun alangkah baiknya kita mengkonsumsi buah sirsak untuk mengurangi resiko terkenanya beberapa penyakit. Saat ini sudah banyak ekstrak buah sirsak yang telah dikemas dalam bentuk suplemen atau pil. Jika ingin mengkonsumsi suplemen tersebut, ada baiknya kamu bertanya terlebih dahulu kepada dokter.

Tinggalkan Balasan