Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan

Belimbing (Averrhoa carambola) – Merupakan salah satu buah populer yang dapat mudah ditemukan di negara beriklim tropis.

Buah belimbing biasanya berbentuk bintang dengan warna kuning kehijauan. Sesuai dengan bentuknya , belimbing biasa disebut dengan nama ‘star fruit’.

Belimbing memiliki rasa yang manis dan asam yang khas dan memberikan efek menyegarkan di mulut ketika dikonsumsi.

Karena rasanya yang unik , belimbing dapat diolah menjadi rujak , jus dan manisan atau bisa juga di makan langsung.

Belimbing mengandung nutrisi-nutrisi seperti :
Vitamin A , vitamin B5 , vitamin C , serat , protein , tembaga , kalium , folat , magnesium dan mineral.
Selain mengandung nutrisi diatas , belimbing juga dikenal sebagai salah satu buah rendah kalori.

Dengan kandungan nutrisi-nutrisi tersebut , belimbing memiliki beberapa manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Seperti contoh dibawah ini:

1 . Meredakan sakit maag
Belimbing dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk meredakan gangguan lambung seperti maag. Ini karena belimbing memiliki kandungan antiulkus seperti flavonoid , mucilage dan terpenoid. Ketiga kandungan tersebut merupakan senyawa penting dalam menjaga kesehatan usus dan lambung.

2 . Memelihara jantung
Mengonsumsi belimbing dengan rutin dapat menjaga kesehatan pada jantung , ini karena belimbing memiliki suatu kandungan yang dapat menghilangkan plak di dalam pembuluh darah sehingga dapat melancarkan peredaran darah pada beberapa organ tubuh seperti jantung.

3 . Mencegah kanker
Kandungan flavonoid polifenol pada belimbing dipercaya dapat mencegah terjadinya penyakit kanker. Kandungan tersebut berfungsi untuk melawan dan membuang radikal bebas yang menjadi faktor utama timbulnya kanker.

4 . Menurunkan berat badan
Belimbing merupakan buah rendah kalori namun kaya akan serat. Makanan dengan serat tinggi dapat membuat kenyang lebih lama sehingga terhindar dari makan berlebihan dan makanan rendah kalori tidak akan membuat seseorang menjadi gemuk. Jadi anda bisa memasukkan belimbing kedalam menu diet anda.

5 . Meningkatkan kesehatan gigi dan tulang
Seperti yang diketahui belimbing mengandung zat besi , fosfor , magnesium , seng dan kalsium. Kandungan tersebut dapat menyehatkan gigi dan tulang sehingga dapat mencegah terjadinya radang sendi dan osteoporosis.

Itulah beberapa manfaat belimbing untuk kesehatan badan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk agan-agan semua!

Tinggalkan Balasan