Intip Yuk! Jenis Makanan Penurun Gula Darah

Jenis Makanan Penurun Gula Darah

“Mengonsumsi makanan penurun gula darah adalah cara agar kadar gula darah tetap terjaga, khususnya bagi penderita diabetes. Jenis makanan ini mempunyai sistem kerja yang berbeda-beda berfungsi mengontrol kadar gula serta meningkatkan sensivitas insulin”.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang memiliki kadar gula yang melebihi batas normal, hal ini terjadi karena di dalam tubuh tidak dapat menghasilkan insulin secara efektif.

Apabila sudah terkena diabetes, maka kadar gula yang berlebihan akan sulit terjaga. Terutuama dengan pasisan yang suka mengonsumsi jenis makan yang tinggi akan karbohidratnya ataupun suka dengan rasa yang manis.

Tentu agar tetap hidup lebih sehat lagi, maka kadar gula darah harus tetap di jaga. Berikut beberapa jenis makanan yang mampu menurunkan kadar gula kalian, simak yuk!

1. Kacang-kacangan

Bijian seperti kacang-kacangan atau almond dapat mengurangi kenaikan kadar gula darah loh. Menurut study bahwa orang yang mengonsumsi almond sekitar 35 gram dapat menetralkan kadar glukosa.

2. Alpukat

Buah satu ini selain memiliki rasa yang nikmat, juga memiliki nutrisi yang cukup baik untuk menurunkan kadar gula dari lemak sehat di dalamnya. Dengan mengonsumsi buah alpukat ini dapat meningkatkan insulin.

3. Mengonsumsi Protein Tinggi

Salah satu alternatif untuk menurunkan gula darah adalah mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti telur, dada ayam, daging sapi, ikan dan susu whey protein. Tentunya ikan dan telur memiliki kandungan omega 3 yang berperan mengurangi peradangan dan menjaga kestabilan gula darah.

4. Tomat

Buah tomat sangat terkenal mengandung likopen dan anthocyanin yang terhitung sebagai antiosidan. Kandungan nutrisi pada buah tomat ini dapat memperlambat gula ke dalam tubuh. Hal ini sudah di lakukan sebuah penelitian terhadap hewan dan teruji dapat memperlambat sirkulasi gula yang masuk kedalam tubuh.

5. Ceri

Bagi sebagian kalian yang tidak bisa makan tomat, maka kalian dapat mengantinya dengan buah ceri karena kandungan buah ceri juga memiliki kandungan yang sama dengan buah tomat.

6. Cuka Apel

Untuk menstabilkan kadar gula, kalian juga dapat mengonsumsi satu sendok cuka apel  yang di larutkan segelas air putih dan bisa meminum nya secara langsung.