Arti Dan Makna Dari Sebuah Komitmen

Arti Dan Makna Dari Sebuah Komitmen

Dalam suatu hubungan baik hubungan kerja, atau hubungan dengan pacar atau pernikahan, pasti anda akan sering bersenggolan dengan kata komitmen. Akan ada pertanyaan, apakah anda komit untuk itu. Dan banyak yang mengatakan, saat anda ingin hubungan anda bisa berjalan lancar, bisa langgeng, kuncinya adalah komitmen. Jika anda dan pasangan anda sudah komit. Maka kalian bisa menua bersama.

Arti Dan Makna Dari Sebuah Komitmen

Tapi sebelum membahas lebih jauh soal komitmen. Apa arti komitmen bagi anda. Seperti apa komitmen itu? Apa makna komitmen bagi anda. Sehingga anda tidak akan tersesat dengan kata komitmen itu sendiri. Saya pun pernah mendengar ucapan seorang psikolog muda. Dia mengatakan kunci pernikahan bisa umur panjang. adalah komitmen. Karena dalam pernikahan apalagi sudah berjalan sampai berpuluh-puluh tahun. Kadang rasa cinta itu sudah tidak ada.

Kadang cinta itu sudah hilang, karena tiap hari bertemu dengan orang yang sama. untuk bertahun lamanya. Tapi yang membuatnya bertahan adalah komitmen. Komitmen yang di ucapkan di awal pernikahan, janji yang sudah dikatakan di awal, akan terus ada di saat suka maupun duka. Komit akan janji itu. Sehingga itu yang membuat hubungan bertahan, sehingga membuat rasa cinta, yang hilang bisa tumbuh lagi. Dan orang mau sebandel apa pun, sebejad apapun saat sebelum menikah, dia pun harus berkomitmen, jika sudah memutuskan untuk menikah. Untuk bersama dengan pasangan. Jadi ada perasaan saling mengerti.

Karena saat menikah, tanggung jawab anda semakin besar, semakin banyak. Ada pasangan dan anak anda yang harus anda jaga. Lalu nama baik keluarga yang akan terus anda jaga. Dan bukan hanya keluarga anda, tapi keluarga pasangan anda juga. Sehingga anda harus dewasa dan bijak dalam bertindak, bersikap, memeberikan dan mengeluarkan suatu pendapat. Komitmen, adalah kesadaran diri yang lebih besar. Yang itu anda sudah tahu itu kewajiban anda. Jadi tidak perlu diingatkan lagi. Harus sadar diri, itu lah komitmen. Sehingga komitmen bukan hal yang mudah.