Arang, si Hitam yang Memutihkan

Apakah anda tahu arang? ya ketika anda mendengar kata arang pasti yang terbesit di dalam pikiran kalian adalah bongkahan kayu yang sudah melewatu proses pembakaran atau pengasapan hingga memiliki warna hitam kelam dan kotor.

dan mungkin selama ini anda hanya tahu bahwa arang adalah salah satu barang murah yang dapat dibeli dengan mudah dimanapun anda berada dan hanya memiliki guna untuk dijadikan alat bakar atau panggang memanggang sesuatu dengan cara dikabar dan menempatkannya pada wadah kotor.

tetapi apakah anda pernah tahu bahwa arang ternyata menyimpan sangat banyak kegunaan selain menjadi bahan yang digunakan untuk media memanggang sesuatu atau di bakar? arang adalah salah satu zat caarbon aktiv alami yang sangat ampuh untuk menyerap zat zat berbahaya didalam air.

kita tahu bahwa kini di rumah rumah orang memiliki alat penyaringan air yang canggih dan sudah tidak lagi menggunakan cara penyaringan air konvensional seperti dahulu yang hanya menggunakan bak atau kolam saringan yang berisi ijuk, pasir dan batu sebagai media penyaringan, ternyata dalam ketiga jenis media tersebut tidak memiliki media yang dapat menyerap zat zat berbahaya yang terkandung didalam air yang melewatinya.

itulah sebabnya kini orang orang menggunakan bahan tambahan didalam saringan air mereka dengan cara menambahkan arang atau zat karbon aktif di salah satu lapisan dari media saringan air mereka, mungkin arang adalah bahan yang terlihat hitam dan tidak berguna, tetapi jangan pernah salah kaprah dengan tampilannya, karena arang adalah salah satu zat penting untuk mengikat zat berbahaya didalam air dan membantu menjernihkan air dari saringan yang kalian gunakan selama ini.

arang kini juga digunakan dalam banyak merk kosmetik atau bahan alat mandi yang kita gunakan sehari hari, apakah anda pernah menemukan sabun pencuci wajah yang mengandung zat arang didalamnya, dan barang paling umum yang kini terkenal dengan kandungan arangnya adalah pasta gigi, ya pasta gigi yang mengandung zat arang atau biasa di sebut Charcoal ini biasanya dianjurkan untuk digunakan oleh orang orang yang menjadi perokok aktiv dan memiliki gigi berwarna kekuningan yang disebabkan oleh nikotin atau TAR yang terkandung didalam rokok itu tersebut, karena arang dapat membantu memutihkan gigi yang kuning menjadi terlihat lebih putih.

Tinggalkan Balasan